[KLARIFIKASI] KEPALA DINAS KETENAGAKERJAAN TAPANULI UTARA Drs. SOFIAN SIMANJUNTAK ATAS PEMBERITAAN MEDIA ONLINE MISTAR.ID TENTANG LPK FUKERINJA


[KLARIFIKASI] KEPALA DINAS KETENAGAKERJAAN TAPANULI UTARA Drs. SOFIAN SIMANJUNTAK ATAS PEMBERITAAN MEDIA ONLINE MISTAR.ID TENTANG LPK FUKERINJA.

Pada media online Harian Mistar tanggal 12 April 2023 dengan judul “ "Kadisnaker Taput Sayangkan LPK Fukerinja Belum Pernah Berangkatkan Siswa ke Jepang" . Dapat kami berikan informasi untuk menanggapi pemberitaan tersebut sebagai berikut:

Pemkab Taput belum pernah memberikan dana hibah ke Fukerinja, kita hanya menggunakan Lembaga sebagai instruktur/pelatih di bidang pengetahuan bahasa jepang, budaya jepang dan kesamaptaan pada kegiatan pelatihan tersebut dengan harapan para peserta dari Tapanuli Utara dapat lulus mengikuti testing tahap I di Tingkat Propinsi, selanjutnya peserta yg lulus di Tingkat Propinsi akan di berangkatkan ke Pusat/Kemenaker untuk mendapat mengikuti test tahap ke II yg dilaksanakan Kemenaker RI dan IM Jepang, para peserta yg lulus tahap ke II akan mengikuti Pelatihan selama 4 bulan 9 hari yg dibiayai Kemenaker RI dan IM Jepang.

Kemudian para peserta yg dinyatakan lulus setelah mengikuti Pelatihan selama 4bln 9 hari akan diberangkatkan oleh Pemerintah RI cq. Depnaker RI.

Proses kegiatan ini sudah berlangsung selama 25 Tahun sampai dengan saat ini, Demikian Informasi sementara.

Pernyataan saya di media tersebut adalah bahwa LPK Fukerinja belum pernah melaporkan ke Disnaker Taput Jumlah warga yg sudah diberangkatkan oleh LPK Fukerinja ke Jepang.

Sesuai ketentuan Permenaker 17/2016 ttg Tata Cara Perijinan dan Pendaftaran Lembaga Pelatihan Kerja, pada pasal 20, ayat 1 dan 2.

Demikian tanggapan pemberitaan kami sampaikan untuk dapat dipublikasikan sesuai dengan aturan yang berlaku. atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

( Sumber : Kadisnaker Taput Drs. Sofian Simanjutak)

Terimakasih

https://mistar.id/sumut/kadisnaker-taput-sayangkan-lpk-fukerinja-belum-pernah-berangkatkan-siswa-ke-jepang/