PEMBUKAAN PELATIHAN KEMANDIRIAN PENGELASAN DAN INSTALASI LISTRIK DI LAPAS KELAS IIB SIBORONGBORONG


Rabu, 08 Februari 2023, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Taput, Drs. Sofian Simanjuntak, Kabid Pelatihan Dinas Ketenagakerjaan, Yanty R. Simamora, SE., Instruktur UPTD BLK Silangkitang, Harun Simangunsong, ST., Penyuluh Usaha Mandiri & TTG, Louis M Tambunan, S.Kom. telah mengikuti Kegiatan Pembukaan Pelatihan Kemandirian Pengelasan dan Instalasi Listrik di Lapas Kelas IIB Siborongborong yang disambut oleh Kepala Lapas IIB Siborongborong Parlindungan Siregar, A.Md.IP, S.H. beserta jajarannya.

Selama 12 hari ke depan, sebanyak 40 warga binaan akan mendapatkan platihan kemandirian bersertifikat, hasil kerja sama Lapas Siborongborong dengan Dinas Ketenagakerjaan Tapanuli Utara (Taput).

Kalapas Siborongborong, Parlindungan Siregar menyampaikan bahwa "Kami menjalin kerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Taput, agar warga binaan dipersiapkan masa depannya melalui pelatihan kemandirian bersertifikat di bidang teknik pengelasan dan kelistrikan,".

Kalapas menyampaikan, melalui pelatihan ini warga binaan diharapkan memiliki bekal keterampilan, yang akan bisa digunakan dalam mengisi kehidupan, setelah selesai menjalani masa tahanan.

Untuk itu, Kalapas berharap agar seluruh warga binaan yang mengikuti pelatihan, dapat melaksanakan dengan tertib, hadir sesuai jadwal serta sesuai aturan.

"Harapan kami, setelah bebas nanti warga binaan yang memperoleh pelatihan memiliki bekal dan visi di masa depan. Bisa menjadi manusia lebih mandiri".

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Taput, Sofian Simanjuntak, juga mengajak warga binaan yang mengikuti pelatihan, agar dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan waktu. Sofian mengajak agar memanfaatkan kesempatan ini, sembari menghilangkan dan mengurangi rasa putus asa selama menjalani masa tahanan.

"Harapan kami, pelatihan ini bisa diterapkan dan bisa membuahkan hasil maksimal dan tentunya meningkatkan kompetensi dan keahlian bagi warga binaan dan menjadi modal ke depannya setelah bebas,".

Acara pembukaan ini berjalan dengan baik dan para Warga Binaan juga antusias untuk memulai pelatihan yang akan segera dimulai.